Wow, Kesepian Bisa Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kesepian tidak hanya akan membawa kegalauan, kondisi mental dan juga kondisi fisik. Ada sebuah studi baru yang menghasilkan satu kenyataan yang menyatakan bahwa kesepian bisa melemahkan sistem kekebalah tubuh yang lebih rendah sehinga mereka bisa mengalami komplikasi.


Studi itu memberitakan bahwa kadar kesepian seseorang bisa memprediksikan risiko komplikasi kesehatan di masa yang akan datang. “Orang yang kesepian sebenarnya merasa mereka berada dalam hubungan yang kualitasnya buruk,” kata Lisa Jaremka, dari Institute for Behavioral Medicine Research.

Penelitian yang dilakukan melibatkan 200 penyintas kanker payudara yang berusia 51 tahun dan para patrisipan telah mengikuti terapi kanker payudara selama dua tahun atau lebih, sample darah mereka diambil dan dianalisa untuk melihat antibodi pelawan jenis virus herpes yang diderita orang Amerika.

Virus itu menyebabkan penyakit pada separu orang infeksi dan pada tubuh, virus itu akan tidur dalam jangka waktu yang lama juga hanya aktif pada kondisi tertentu. Walau tidak terlalu berhabaya, tapi virus ini bisa menunjukan sesuatu yang salah pada tubuh.

Hasil studi itu menunjukan orang yang kesepian mempunyai level antibodi pelawan virus herpes itu dan sama juga dengan level kecemasan, stres dan depresi mereka. Pada riset ini level kesepian diukur menggunakan skala yang telah diakui oleh judi bola.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s