Paus Terpilih Ternyata Hanya Memiliki Satu Paru-paru Saja

Melalui jaringan internet, ada kabar yang datang dari Paus yang baru saja terpilih yang bernama Jose Mario Bergoglio (Paus Fransiskus I), ternyata ia memiliki kondisi kesehatan yang unik. Infeksi yang terjadi pada remaja, Paus Fransikus hanya memiliki satu buah paru-paru.

Walau tidak banyak yang memiliki kondisi serupa, para ahli kesehatan mengatakan bahwa kondisi ini tidak akan menjadi masalah kesehatan yang signifikan bagi Paus terpilih itu.

Paus Fransiskus yang berusia 76 tahun itu, mengatakan bahwa salah satu paru-parunya untuk mengobati infeksi ketika dirinya masih menjadi remaja. Pada saat itu, lebih umum mengangkat paru-paru guna mengobati infeksi akibat tuberkulosis karena antibiotik tidak banyak digunakan.

“Bahkan saat ini, komplikasi pneumonia dan batuk rejan kadang-kadang diobati dengan pengangkatan paru-paru, seperti juga beberapa kasus kanker paru-paru lain,” ungkap Dr Len Horovitz, pulmonologist di Lenox Hill Hospital di New York City.

Disaat paru-paru yang satu diangkat, maka paru-paru yang tersisa akan mengembang guna mengambil beberapa ruang ekstra. Hidu dalam keadaan memiliki satu paru-paru saja biasanya tidak akan mempengaruhi tugas sehari-hari atau harapan hidup seseorang. “Meskipun begitu, orang dengan satu paru-paru tidak akan dapat melaksanakan tugas yang terlalu berat layaknya orang yang sehat dengan dua paru-paru,” kata Horovitz.

Tapi, orang yang lebih tua memiliki satu paru-paru bisa berada pada peningkatkan risiko komplikasi, seperti pneumonia juga infeksi pernapasan lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s